Home » » pengertian belajar menurut parah ahli

pengertian belajar menurut parah ahli

Written By zainal arifin on Senin, 16 November 2015 | 19.36



PENGERTIAN BELAJAR

Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Salah satu pertanda seseorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu.
Apabila proses belajar diselenggarakan secara formal di sekolah-sekolah, tidak lain ini dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan pada diri siswa secara terencana, baik dalam aspek pengetahuan, ketrampilan, maupun sikap. Interaksi yang terjadi selama proses belajar tersebut dipengaruhi oleh lingkungannya, antara lain terdiri atas murid, guru, kepala sekolah, bahan atau materi pengajaran  (buku, modul, selebaran, majalah, rekaman audio atau video, dan yang  sejenisnya) dan berbagai sumber belajar serta fasilitas (proyektor overhead, perekam pita audio dan video, komputer, laboratorium, pusat sumber belajar, dan lain-lain)
Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran atau media tertentu ke penerima pesan. Pesan yang akan dikomunikasikan ini adalah isi ajaran atau didikan yang ada dalam kurikulum. Sumber pesannya bisa guru, siswa, orang lain ataupun penulis buku dan produser media. Salurannya adalah media pendidikan dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru.
Media pembelajaran berbasis IT (power point) sebagai salah satu sumber belajar yang dapat menyalurkan pesan. Perbedaan gaya belajar, minat, intelegensi, keterbatasan daya indera, cacat tubuh atau hambatan jarak geografis, jarak waktu dan lain-lain dapat dibantu diatasi dengan pemanfaatan media pendidikan. Seperti yang dikatakan Arsyad Azhar (2002:15)  bahwa Media Pendidikan adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. Pemakaian media pendidikan dapat membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa saat proses belajar mengajar
Pengertian belajar secara umum dapat diartikan sebagai proses untuk memiliki pengetahuan, belajar dan mengajar adalah dua konsep yang berbeda dalam pengertiannya, tetapi kedua konsep tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam suatu pengajaran disebut interaksi efektif. Belajar mengajar menjadi aktif dan efektif manakala terjadi interaksi antara guru dan siswa pada saat pengarahan berlangsung.
Syarat utama dalam belajar adalah adanya kelestarian dan rasa ingin tahu akan suatu hal. Kelestarian itu dapat membangkitkan semangat anak didik dalam menerima setiap materi yang akan diajarkan sehingga informasi yang telah didapatkan tidak akan luntur begitu saja.
Dapat dipahami makin tinggi dan lengkap keterlibatan siswa, makin tergugah perhatian, keinginan, semangat dan kemampuan siswa semakin efektif. Bimbingan guru akan semakin optimal, utuh, tuntas dan fungsional apabila siswa dapat terlibat didalamnya. Baik belajar langsung maupun tidak langsung, keadaan ini dapat dicapai melalui pendekatan atau melalui            sistem-sistem mengajar yang tepat.
Menurut Slameto (1987;2), belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan di dalam interaksi lingkungannya. Sedangkan menurut Herman Hudoyo (1979:107), belajar merupakan suatu proses aktif dalam memperoleh pengetahuan baru sehingga dapat menyebabkan perubahan tingkah laku.
 Dari pendapat diatas dapat disimpulkan belajar adalah suatu proses yang diarahkan pada tujuan dan ditandai adanya perubahan pada siswa. Perubahan sebagai hasil dari poses belajar dapat ditunjukan dalam bentuk perubahan prestasi diantaranya kemampuan daya reaksi, nilai yang diperoleh dan berbagai aspek yang ada pada diri individu, inilah hakekat belajar sebagai proses.

ariefbujana.blogspot.co.id
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. BELAJARYUK! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger