Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP)
Nama Sekolah :
Sekolah
Dasar.........
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : V/ 2
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Membaca
·
Memahami Teks dengan
membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.
B.
Kompetensi
Dasar
·
Membandingkan
isi dua teks yang di baca dengan membaca sekilas
C.
Indikator
Ø Mampu
menemukan informasi dari teks yang di baca sekilas.
Ø Mampu
menemukan persamaan dan perbedaan antara dua teks yang di baca.
Ø Mampu
menuliskan / memberikan penjelasan kata – kata tentang teks yang di baca.
Ø Mampu
menggunakan istilah – istilah / kata – kata teks yang dibaca.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Siswa
dapat membandingkan isi dua teks yang di baca dengan membaca sekilas.
Ø Siswa
mampu menemukan informasi dari teks yang di baca sekilas.
Ø Siswa
mampu menemukan persamaan dan perbedaan antara dua teks yang di baca.
Ø Siswa
mampu menuliskan / memberikan penjelasan kata – kata yang di baca.
Ø Siswa
mampu menggunakan istilah – istilah / kata – kata baca.
E.
Materi
Pembelajaran
·
Teks ( Teks cerita, atas yang lain, yang
berhubungan dengan ekonomi )
F.
Metode
Pembelajaran
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Ceramah
G.
Langkah
– langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Fase - fase
|
Kegitan Guru dan siswa
|
Pendahuluan ( 10 menit )
|
Fase 1
Menyampaikan
tujuan da mempersiapkan siswa
|
ü Menyiapkan salam dan berdoa
ü Kegiatan rutin : Presensi, cek kebersihan
ü Mempersiapkan kelas untuk kegiatan pembelajaran
ü Memotivasi siswa
ü Menyampaikan inti tujuan pembelajaran yakni : Setelah
mengikuti proses pembelajaran, siswa
dapat :
Ø Siswa dapat membandingkan isi dua teks yang di
baca dengan membaca sekilas.
Ø Siswa mampu menemukan informasi dari teks yang di
baca sekilas.
Ø Siswa mampu menemukan persamaan dan perbedaan
antara dua teks yang di baca.
Ø Siswa mampu menuliskan / memberikan penjelasan
Ø Siswa mampu menggunakan istilah – istilah / kata –
kata bidang ekonomi dalam kalimat.
|
Kegiata Inti
( 55 menit )
|
Fase
II
Mengorganisasikan siswa untuk
belajar
|
ü Mengajukan permasalah tentang Membandingkan isi dua
teks yang di baca dengan membaca sekilas
ü Menfasilitasi siswa dengan koran majalah, teks.
ü Memberikan lembar kerja siswa ( LKS)
|
Fase
III
Membimbing
penyelidikan individual maupun kelompok
|
ü Mendiskusikan membaca sekilas dua buah teks dan
membandingkan isi dua teks tersebut.
ü Menjelaskan cara penyelesaian LKS
ü Memonitor kegiatan siswa saat berdiskusi.
ü Membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan
tugas.
|
|
Fase
IV
Mengembangkan
dan menyajikan hasil karyanya
|
ü Meminta dari salah satu siswa untuk
mempresentasikan hasil diskusi.
ü Memberikan penilaian aktivitas siswa dalam
pembelajaran.
ü Memberikan penghargaan ke pada siswayang
berkinerja baik.
|
|
Penutup
( 10 menit )
|
Fase
V
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
ü Mengadakan evaluasi
ü Bersam siswa membuat simpulan materi yang di
pelajari.
ü Memberikan pekerjaan rumah PR
|
A.
Alat
/ bahan dan sumber belajar
1.
Alat
/ Bahan
a. Koran
b. Majalah
c. Teks
2.
Sumber
belajar
a. Buku
bahasa Indonesia kelas 5 SD
B.
Penilaian
a. Teknik : Tes tertulis
b. Bentuk : Ulangan harian
Mengetahui,
Kepala
sekolah guru
kelas
NIP:........................... NIP:..........................
ariefbujana.bogspot.co.id
0 komentar :
Posting Komentar