PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Dalam masa pembangunan dewasa ini
perhatian pemerintah terhadap pembinaan dan pembangunan pendidikan sangat
besar, baik dalam lembaga pendidikan negeri maupun lembaga pendidikan swasta.
Lembaga
pendidikan swasta merupakan lembaga pendidikan yang sama dengan lembaga
pendidikan negeri baik dari segi kurikulum maupun sistem penyelenggaraannya. Namun demikian banyak masyarakat beranggapan bahwa hasil
belajar antara siswa yang berasal dari lulusan sekolah swasta dan sekolah
negeri berbeda terutama pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan
karena pandangan masyarakat terhadap siswa yang bersekolah di sekolah negeri
lebih pandai dari pada siswa yang bersekolah di sekolah swasta.
Dari anggapan masyarakat inilah yang menyebabkan bahwa
sekolah swasta merupakan sekolah yang mempunyai kelemahan-kelemahan yang disebabkan karena beberapa hal sebagai
berikut :
1.
Guru-guru
yang kurang kompeten di bidangnya
2.
Waktu belajar atau jumlah jam pembelajaran yang kurang
3.
Kurangnya modal
sehingga sarana dan prasarananya kurang memadai
Padahal berhasil
tidaknya pengajaran di sekolah tergantung pada sekolah itu sendiri dengan
sistem-sistemnya dan pihak masyarakat serta orang tua. Hal ini mendorong dilakukannya usaha peningkatan
mutu pendidikan pada sekolah swasta melalui berbagai upaya. Kepentingan untuk
meningkatkan mutu pendidikan pada sekolah swasta juga didorong oleh kenyataan
bahwa jumlah siswa yang bersekolah di swasta ternyata cukup banyak.
Maksud dan tujuan
meningkatkan mutu pendidikan swasta adalah agar tingkat keberhasilan belajar
siswa di swasta mencapai tingkat yang sama dengan tingkat keberhasilan belajar
siswa di negeri, sehingga:
a.
Ijasah sekolah swasta dapat mempunyai nilai yang sama
dengan ijasah sekolah negeri.
b.
Lulusan sekolah swasta dapat melanjutkan ke sekolah
negeri setingkat lebih atas.
c.
Siswa disekolah swasta dapat berprestasi sama dengan
siswa disekolah negeri.
Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti ingin mengetahui
bagaimana kebenaran dugaan masyarakat tentang hasil belajar siswa yang berasal dari
swasta dan siswa yang berasal dari negeri terutama pada mata pelajaran
matematika. Dalam hal ini antara siswa yang berasal dari SMP Negeri dan siswa
yang berasal dari SMP Swasta di SMK Pawiyatan Surabaya.
Hal ini yang mendorong peneliti untuk memilih judul: “PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA
POKOK BAHASAN LOGARITMA ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI SMP NEGERI DAN SISWA
YANG BERASAL DARI SMP SWASTA DI
SMK PAWIYATAN SURABAYA
KELAS X TAHUN AJARAN 2007–2008”
B. Rumusan
Masalah
Rumusan masalah adalah pernyataan singkat
suatu masalah yang akan diteliti (M. Iqbal Hasan, 2002: 43). Rumusan masalah
adalah untuk dijadikan dasar dalam penelitian dan harus mencakup semua variabel
maupun hubungan variabel satu dengan variabel yang lain yang hendak diteliti.
Berdasarkan
uraian dari latar belakang masalah yang telah disebutkan diatas, maka rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: “Adakah perbedaan prestasi belajar
matematika pada pokok bahasan logaritma antara siswa yang berasal dari SMP
Negeri dan siswa yang berasal dari SMP Swasta di SMK Pawiyatan Surabaya Kelas
X Tahun Ajaran 2007 – 2008?”
C. Ruang
Lingkup dan Pembatasan Masalah Penelitian
1. Ruang Lingkup
a. Tempat penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pawiyatan
Surabaya yang terletak di jalan Tangkis Turi No. 4-6 Surabaya.
Alasan mengadakan
penelitian di SMK Pawiyatan Surabaya adalah:
1)
Karena
jumlah siswanya cukup banyak, hal ini menunjukkan bahwa sekolah tersebut
merupakan sekolah yang sudah dipercaya oleh masyarakat sebab sekolah tersebut
berakreditasi A
2)
Karena
sekolah ini belum pernah digunakan untuk penelitian yang sesuai dengan
permasalahan yang diangkat oleh peneliti
b. Waktu penelitian
Mulai tanggal 5 Oktober
2007 sampai dengan tanggal 2 Desember 2007.
2. Pembatasan Masalah Penelitian
Berdasarkan pada masalah yang diangkat oleh peneliti, maka penelitian ini
dibatasi pada:
a. Subjek penelitian
Yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMK Pawiyatan Surabaya.
Alasan diambilnya siswa kelas X sebagai subjek dalam penelitian ini karena
siswa kelas XI dan XII telah mengalami suatu perubahan yang disebabkan telah
lama berada disekolahan ini sehingga dapat mengurangi tujuan penelitian.
b. Materi penelitian
Dalam
penelitian ini, materi penelitian dibatasi pada pokok bahasan logaritma.
D. Tujuan Penelitian
1.
Tujuan
Umum
Untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu
yang dimiliki serta memajukan proses belajar mengajar khususnya dibidang studi
matematika dalam dunia pendidikan.
2.
Tujuan
Khusus
Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi
belajar matematika pada pokok bahasan
logaritma antara siswa yang berasal dari SMP Negeri dan siswa yang berasal dari
SMP Swasta di SMK Pawiyatan Surabaya kelas X Tahun Ajaran 2007–2008.
E. Manfaat Penelitian
1.
Bagi
Peneliti
Untuk mengetahui perbandingan hasil
belajar metematika antara siswa yang berasal dari SMP Negeri dan siswa yang
berasal dari SMP Swasta di SMK Pawiyatan Surabaya kelas X Tahun Ajaran 2007 – 2008.
2.
Bagi
Masyarakat
Sebagai bahan informasi tentang
kurikulum dan sistem penyelenggaraan pembelajaran yang ada di sekolah Negeri
dan di sekolah Swasta adalah sama sehingga tidak beranggapan bahwa prestasi
belajar antara siswa yang berasal dari
Negeri berbeda dengan siswa yang berasal dari Swasta terutama pada mata pelajaran matematika.
3.
Bagi
Sekolah
Untuk
bahan pertimbangnan kebijaksanaan lebih lanjut dalam usaha pembinaan dan
pengembangan SMK Pawiyatan Surabaya pada
umumnya dan bidang studi
matematika pada khususnya.
F. Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah
penelitian yang kebenarannya masih harus diuji secara empiris (Sumadi
Suryabrata, 2003: 21). Jadi hipotesis
dapat membimbing peneliti dalam memilih variabel dan sebagai ukuran yang tepat untuk mengukur
adanya gejala sosial seperti yang
dimaksud dalam permasalahan.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah: tidak ada
perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan logaritma yang
signifikan antara siswa yang berasal dari SMP Negeri dan siswa yang berasal dari SMP Swasta di SMK
Pawiyatan Surabaya kelas X Tahun Ajaran 2007 – 2008.
G. Variabel dan Definisi Operasional Variabel
1.
Variabel
Menurut
Sumadi Suryabrata (2003: 25), variabel adalah segala sesuatu yang akan menjadi objek pengamatan
penelitian.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dua variabel
yaitu:
a.
Variebel bebas, yaitu variabel yang mempengaruhi atau
menjadi penyebab bagi variabel lain (M. Iqbal Hasan, 2002: 18).
Dalam penelitian ini yang menjadi
variabel bebas adalah siswa yang berasal dari SMP Negeri dan siswa yang berasal
dari SMP Swasta.
b.
Variabel
terikat, yaitu variabel yang dipengaruhi atau disebabkan oleh variabel lain (M.
Iqbal Hasan, 2002: 18).
Dalam penelitian ini yang menjadi
variabel terikat adalah prestasi belajar
matematika.
2.
Definisi
Operasional Variabel
Definisi operasional adalah definisi
yang didasarkan atas sifat-sifat hal yang didefinisikan yang dapat
diamati/diobservasi (Sumadi Suryabrata, 2003: 29). Definisi operasional
variabel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
a.
Siswa yang berasal dari SMP Negeri
Seseorang yang telah menempuh proses
belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang sekarang menjalankan kegiatan pendidikan di tingkat
Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) atau sederajat. Dalam hal ini siswa yang
dimaksud adalah siswa kelas X di SMK
Pawiyatan Surabaya yang berasal dari SMP Negeri.
b.
Siswa yang berasal dari SMP Swasta
Seseorang atau individu yang telah
menempuh proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta yang
sekarang menjalankan kegiatan pendidikan
di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) atau sederajat. Dalam hal ini
siswa yang dimaksud adalah siswa kelas X
di SMK Pawiyatan Surabaya yang berasal dari SMP Swasta.
c.
Prestasi
Belajar Matematika
Prestasi
belajar adalah hasil dari belajar terakhir yang dicapai dengan sebaik-baiknya
dalam jangka waktu tertentu, sedangkan prestasi belajar matematika adalah suatu
nilai maksimal yang diperoleh siswa
dalam proses belajar mengajar disekolah pada bidang studi matematika. Dalam hal
ini hasil yang dicapai berupa nilai hasil tes siswa kelas X di SMK Pawiyatan
Surabaya dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan logaritma.
0 komentar :
Posting Komentar