1.
Pengertian Penelitian Tindakan
Kelas ( PTK )
Penelitian
tinakan kelas merupakan terjemahan dari Classroom
Action Research, yaitu satu Action Research yang dilakukan dikelas. Agar anda memiliki
pengertian yang mantap tentang PTK, mari kita bahas makna PTK dari segi
semantik (arti kata). Action Research, sesuai dengan arti katanya,
diterjemahkan menjadi penelitian tindakan; yang oleh Carr & Kemmis (McNiff,
1991, p.2) (dalam IGAK Wardhani, dkk 2007:1.3) didefinisikan sebagai berikut :
Action research is a form of self-reflective enquiry undertaken by
participants (teachers, students, or principals, for example) in social
(including educational) situasions in order to improve the rationality and
justice of (1) their own social or educational practices, (2) their
understanding of these practices, and (3) the situations (and institutions) in
which the practices are carried out.
Jika kita cermati pengertian
tersebut secara saksama, kita akan menemukan sejumlah ide pokok sebagai
berikut.
a.
Penelitian tindakan
adalah satu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi
diri.
b.
Penelitian tindakan
dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti, seperti guru,
siswa, atau kepala sekolah.
c.
Penelitian tindakan
dilakukan dalam situasi sosial, termasuk situasi pendidikan.
d.
Tujuan penelitian
tindakan adalah memperbaiki: dasar pemikiran an kepantasan dari
praktik-praktik, pemahaman terhadap praktik tersebut, serta situasi atau
lembaga tempat praktik tersebut dilaksanakan.
Dari
keempat ide pokok tersebut dapat kita simpulkan bahwa penelitian tindakan
merupakan dalam bidang sosial, yang menggunakan refleksi diri sebagai metode
utama, dilakukan oleh orang yang terlibat di dalamnya, serta bertujuan untuk
melakukan perbaikan dalam berbagai aspek. Serta dapat didefinisikan penelitian
tindakan sebagai “systematic inquiry”
yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, atau konselor sekolah untuk
mengumpulkan informasi tentang berbagai praktik yang dilakukannya. Informasi
ini digunakan untuk meningkatkan persepsi serta mengembangkan “reflektif
practice” yang berdampak positif dalam berbagai praktik persekolahan, termasuk
memperbaiki hasil belajar siswa. Dengan berbekalkan pengertian ini, kita dapat
mengkaji pengertian penelitian tindakan kelas (PTK).
0 komentar :
Posting Komentar