Home » » Pengertian Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )

Written By zainal arifin on Rabu, 02 Desember 2015 | 14.23



1.      Pengertian Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
Penelitian tinakan kelas merupakan terjemahan dari Classroom Action Research, yaitu satu Action Research yang dilakukan dikelas. Agar anda memiliki pengertian yang mantap tentang PTK, mari kita bahas makna PTK dari segi semantik (arti kata). Action Research, sesuai dengan arti katanya, diterjemahkan menjadi penelitian tindakan; yang oleh Carr & Kemmis (McNiff, 1991, p.2) (dalam IGAK Wardhani, dkk 2007:1.3) didefinisikan sebagai berikut :
            Action research is a form of self-reflective enquiry undertaken by participants (teachers, students, or principals, for example) in social (including educational) situasions in order to improve the rationality and justice of (1) their own social or educational practices, (2) their understanding of these practices, and (3) the situations (and institutions) in which the practices are carried out.
            Jika kita cermati pengertian tersebut secara saksama, kita akan menemukan sejumlah ide pokok sebagai berikut.
a.       Penelitian tindakan adalah satu bentuk inkuiri atau penyelidikan yang dilakukan melalui refleksi diri.
b.      Penelitian tindakan dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti, seperti guru, siswa, atau kepala sekolah.
c.       Penelitian tindakan dilakukan dalam situasi sosial, termasuk situasi pendidikan.
d.      Tujuan penelitian tindakan adalah memperbaiki: dasar pemikiran an kepantasan dari praktik-praktik, pemahaman terhadap praktik tersebut, serta situasi atau lembaga tempat praktik tersebut dilaksanakan.
            Dari keempat ide pokok tersebut dapat kita simpulkan bahwa penelitian tindakan merupakan dalam bidang sosial, yang menggunakan refleksi diri sebagai metode utama, dilakukan oleh orang yang terlibat di dalamnya, serta bertujuan untuk melakukan perbaikan dalam berbagai aspek. Serta dapat didefinisikan penelitian tindakan sebagai “systematic inquiry” yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah, atau konselor sekolah untuk mengumpulkan informasi tentang berbagai praktik yang dilakukannya. Informasi ini digunakan untuk meningkatkan persepsi serta mengembangkan “reflektif practice” yang berdampak positif dalam berbagai praktik persekolahan, termasuk memperbaiki hasil belajar siswa. Dengan berbekalkan pengertian ini, kita dapat mengkaji pengertian penelitian tindakan kelas (PTK).
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. BELAJARYUK! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger