Model Pebelajaran Pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD
Salah satu model pembelajaran kooperatif yang efektif dan
sederhana adalah STAD yang dikembangkan
oleh Robert Slavin Ibrahim dkk, (2000 : 20). Dalam STAD siswa di tempatkan
dalam kelompok - kelompok kecil yang beranggotakan 4 - 5 siswa yang heterogen
menurut jenis kelamin dan tingkat kemampuan berfikirnya.
Pembelajaran kooperatif STAD dilaksanakan dalam lima tahap yaitu: tahap
persiapan, penyajian materi, kegiatan kelompok, evaluasi atau tes dan
penghargaan kelompok.
a. Persiapan
Hal - hal yang perlu disiapkan adalah materi, menetapkan
siswa dalam kelompok dan kerja sama kelompok.
1)
Materi
Materi pembelajaran kooperatif STAD
dirancang sedemikian rupa untuk pembelajaran secara kelompok. Sebelum penyajian
materi pembelajaran dibuat Lembar Kerja Siswa (LKS) yang akan dikerjakan oleh
siswa dalam kelompok - kelompok kooperatif.
2) Menetapkan
Siswa dalam Kelompok
Dalam hal ini, kelompok terdiri dari kelompok kecil yang
beranggota 4 - 5 siswa yang bersifat heterogen menurut jenis kelamin dan
tingkat kemampuan berfikirnya.
3) Kerja Sama Kelompok
Sebelum memulai pembelajaran kooperatif STAD, sebaiknya
dimulai dengan latihan - latihan kerja sama untuk memberi kesempatan pada
setiap kelompok untuk saling mengenal masing - masing kelompoknya.
b. Penyajian Materi Pelajaran
Kegiatan
pembelajaran dimulai dengan penyajian materi pelajaran yang meliputi :
1) Pendahuluan
Guru menjelaskan kepada siswa tentang apa yang akan mereka
pelajari dalam kelompok dan menginformasikan mengapa hal itu penting. Informasi tersebut bertujuan
untuk memotivasi rasa ingin tahu siswa tentang konsep - konsep yang akan mereka
pelajari.
2) Menjelaskan Materi Belajar
Materi pelajaran yang disajikan hendaknya disesuaikan
dengan apa yang akan dipelajari siswa dalam kelompok dengan harapan adanya
penekanan pada siswa agar dapat belajar memahami makna bukan hafalan
3) Latihan
Terbimbing
Guru memanggil siswa secara acak untuk mengerjakan didepan
kelas supaya siswa selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin dan menekankan
mengapa jawabannya benar atau salah serta memberikan umpan balik.
c. Kegiatan Kelompok
Untuk kerja kelompok, guru membagikan LKS kepada setiap
kelompok sebagai bahan yang akan dipelajari siswa disamping untuk mempelajari
konsep - konsep materi pelajaran. LKS juga akan digunakan untuk melatih
keterampilan kooperatif siswa, artinya LKS dikerjakan siswa secara mandiri atau
individu kemudian saling mencocokkan jawabannya dengan teman sekelompoknya dan
jika ada anggota kelompoknya belum memahami materi maka teman sekelompoknya
berkewajiban untuk menjelaskannya.
d. Evaluasi
Guru memberikan evaluasi atau tes kepada siswa secara
mandiri dalam waktu yang telah ditentukan untuk menunjukkan apa yang telah
dipahami oleh siswa secara individual selama bekerja dalam kelompok.
e. Penghargaan Kelompok
Dalam memberikan penghargaan kelompok, dilakukan dua tahap
perhitungan yaitu :
1)
Menghitung skor individu dan skor
kelompok.
Skor yang diperoleh siswa digunakan
untuk menentukan nilai perkembangan individu dan skor kelompok. Nilai
perkembangan individu dihitung berdasarkan selisih perolehan skor tes terdahulu
(skor dasar) dengan skor tes terakhir. Perhitungan skor perkembangan kelompok
dapat ditentukan sebagai berikut :
Tabel 2.1 Langkah-langkah menghitung
skor peningkatan kelompok dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD
Langkah 1
Menetapkan skor dasar
|
Setiap siswa diberikan skor berdasarkan skor - skor kuis yang lalu.
|
|
Langkah 2
Menghitung skor kuis terkini
|
Siswa memperoleh poin untuk
kuis yang berkaitan dengan pelajaran terkini
|
|
Langkah 3
|
Siswa mendapatkan poin perkembangan yang
besarnya ditentukan apakah skor kuis terkini mereka menyamai atau melampaui
skor dasar mereka dengan menggunakan
skala yang diberikan dibawah ini :
|
|
Lebih dari 10 poin dibawah
skor dasar
|
0 poin
|
|
10 poin dibawah sampai 1 poin dibawah skor
dasar
|
10 poin
|
|
Skor dasar sampai 10 poin diatas skor dasar
|
20 poin
|
|
Lebih dari 10 poin diatas
skor dasar
|
30 poin
|
|
Pekerjaan sempurna (tanpa memperhatikan skor dasar)
|
30 poin
|
Berdasarkan kutipan diatas dapat dijelaskan bahwa nilai
perkembangan individu dihitung berdasarkan selisih perolehan skor tes terdahulu
(skor dasar) dengan skor terakhir. Setelah nilai perkembangan individu
diketahui, maka penelitian dapat mempergunakan data tersebut untuk mengetahui
sejauh mana perkembangan nilai individu tersebut..
2)
Menghargai Prestasi Kelompok
Kriteria kualitatif penghargaan
kelompok digunakan ketentuan sebagai berikut :
Tabel
2.2 Sistem poin atau penilaian pada penghargaan kelompok
Kriteria (nilai rata - rata
kelompok)
|
Penghargaan
|
Kurang dari 20
20 - 24
25 - 29
30 atau lebih
|
Kurang baik
Baik
Hebat
Super
|
Keunggulan pembelajaran kooperatif ini
adalah siswa lebih banyak belajar dari satu teman ke teman yang lain diantara
sesama siswa, serta secara bersamaan membantu akademis mereka. Siswa juga
memiliki kemungkinan menggunakan tingkat berfikir dalam pembelajaran ini
sehingga materi yang dipelajari akan melekat untuk periode waktu lama.
Kelemahan
pembelajaran ini adalah membutuhkan waktu yang cukup banyak dan seringnya tugas
hanya dikerjakan oleh anggota tertentu saja. Hal ini dapat di atasi oleh guru
dengan cara memantau semua kegiatan siswa serta memberikan pengarahan bahwa
tugas ini adalah tanggungjawab seluruh kelompok.
2.
Hubungan Antara
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Prestasi Belajar Siswa
Salah satu metode pembelajaran yang efektif
adalah metode pembelajaran kooperatif STAD karena dengan pembelajaran ini,
siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep - konsep yang sulit jika
mereka mendiskusikan masalah tersebut dengan temannya (Nur, dkk, 2000 : 8).
Keadaan ini menunjukkan hubungan
saling ketergantungan yang positif antar siswa dan pertumbuhan sikap
bertanggung jawab dalam proses pembelajaran. Penggunaan pembelajaran kooperatif
tersebut lebih meningkatkan semangat siswa dalam belajar konsep matematika
sehingga prestasi belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Jadi
pembelajaran kooperatif STAD sangat erat hubungannya dengan prestasi belajar.
0 komentar :
Posting Komentar