Model Pembelajaran PQ4R
Salah satu cara
dalam mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dengan membaca. Membaca
tidaklah berarti jika kita hanya membaca saja tanpa dapat memahami apa yang
ditulis oleh pengarang. Untuk itu perlu sekali mengetahui teknik membaca yang
efesien dalam arti membaca dengan cepat tetapi dapat menyerap semua isi yang
kita baca dengan maksimal.Menurut Thomas dan Robinson (1972) dalam Arends
(Trianto 2007:147) mengatakan bahwa: Salah satu teknik belajar yang paling
dikenal untuk membantu siswa memahami dan mengingat materi yang mereka baca
adalah metode PQ4R.
Langkah-langkah yang harus dilakukan
dalam strategi membaca PQ4R adalah sebagai berikut :
a.
Perview (membaca
selintas dengan cepat)
Langkah pertama ini
dimaksudkan agar siswa, membaca selintas dengan cepat sebelum membaca isi buku
secara keseluruhan. Hal tersebut ditujukan untuk
memperoleh gambaran atau garis besar dari buku yang akan dibaca.
b.
Question
(pertanyaan)
Langkah kedua adalah mengajukan
pertanyaan yang berhubungan dengan isi bab atau buku yang akan dibaca dengan
harapan akan menemukan jawaban di dalam bacaan tersebut.
c.
Read (membaca)
Membaca materi
tersebut dengan memberikan perhatian pada ide utama serta mencari jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada langkah kedua. Diharapkan
siswa tidak membuat catatan-catatan
yang panjang.
d.
Reflect (refleksi)
Tahap ini berhubungan dengan tahap read,
siswa mengaitkan materi yang dibacanya dengan pengetahuan yang diketahui serta
memecahkan kontradiksi dalam materi
tersebut.
e.
Recite (tanya jawab)
Pembaca diminta
mengingat kembali informasi yang telah dipelajari dengan menyatakan
jawaban-jawaban pertanyaan. Pembaca dapat membuat intisari catatan-catatan yang
telah dibuat sebelumnya.
f.
Review (mengulang)
Pada langkah terakhir ini pembaca mengulang
kembali secara aktif seluruh bacaan, dan menanyakan pada diri sendiri ketepatan
jawaban yang telah dibuat atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.
0 komentar :
Posting Komentar