Home » » Model Pembelajaran PQ4R Menurut Thomas dan Robinson

Model Pembelajaran PQ4R Menurut Thomas dan Robinson

Written By zainal arifin on Senin, 16 November 2015 | 23.04



Model Pembelajaran PQ4R
Salah satu cara dalam mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dengan membaca. Membaca tidaklah berarti jika kita hanya membaca saja tanpa dapat memahami apa yang ditulis oleh pengarang. Untuk itu perlu sekali mengetahui teknik membaca yang efesien dalam arti membaca dengan cepat tetapi dapat menyerap semua isi yang kita baca dengan maksimal.Menurut Thomas dan Robinson (1972) dalam Arends (Trianto 2007:147) mengatakan bahwa: Salah satu teknik belajar yang paling dikenal untuk membantu siswa memahami dan mengingat materi yang mereka baca adalah metode PQ4R.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam strategi membaca PQ4R adalah sebagai berikut :
a.            Perview (membaca selintas dengan cepat)
Langkah pertama ini dimaksudkan agar siswa, membaca selintas dengan cepat sebelum membaca isi buku secara keseluruhan. Hal tersebut ditujukan untuk memperoleh gambaran atau garis besar dari buku yang akan dibaca.
b.        Question (pertanyaan)
Langkah kedua adalah mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan isi bab atau buku yang akan dibaca dengan harapan akan menemukan jawaban di dalam bacaan tersebut.
c.         Read (membaca)
Membaca materi tersebut dengan memberikan perhatian pada ide utama serta mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada langkah kedua. Diharapkan siswa tidak membuat catatan-catatan yang panjang.
d.           Reflect (refleksi)
Tahap ini berhubungan dengan tahap read, siswa mengaitkan materi yang dibacanya dengan pengetahuan yang diketahui serta memecahkan kontradiksi dalam materi tersebut.
e.            Recite (tanya jawab)
Pembaca diminta mengingat kembali informasi yang telah dipelajari dengan menyatakan jawaban-jawaban pertanyaan. Pembaca dapat membuat intisari catatan-catatan yang telah dibuat sebelumnya.
f.            Review (mengulang)
Pada langkah terakhir ini pembaca mengulang kembali secara aktif seluruh bacaan, dan menanyakan pada diri sendiri ketepatan jawaban yang telah dibuat atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. BELAJARYUK! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger