JURNAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA
JUDUL : Khadafi,
Muhammad. 2011. Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pokok Bahasan Progam Linear Di
Kelas XI Akutansi 2 SMK Kawung II Surabaya Tahun Pembelajaran 2010-2011.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya.
Dosen Pembimbing : Prof Soekahar dan Liknin
Nugraheni M. Pd
Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran
Kooperatif Tipe Make A Match
Pembelajaran matematika di sekolah selama
ini cenderung hanya proses transfer informasi, menghapal rumus dan
menyelesaikan soal dengan rumus tersebut sehingga pembelajaran matematika
kurang bermakna. Dibutuhkan
upaya untuk mengefektifkan proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran
tercapai. Dalam hal ini diperlukan sebuah pendekatan pembelajaran yang
mendorong siswa mengkonstruksikan pengetahuan di benak mereka dan memberi makna
melalui pengalaman nyata untuk memecahkan suatu masalah. Peneliti memilih
pembelajaran kooperatif tipe make a
match sebagai model pembelajaran pada pokok bahasan progam linear yang
dilaksanakan dalam penelitian ini.
Peneliti
mengadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas
pembelajaran matematika yang dilihat dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas
siswa, pengelolaan pembelajaran oleh guru, dan respon siswa terhadap
pembelajaran jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di
kelas XI akutansi 2 SMK Kawung II Surabaya. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif
dan data diperoleh dengan menggunakan metode pengamatan, dokumentasi, angket,
dan tes.
Hasil data dari penelitian ini adalah
ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai karena 83,72% siswa yang
tuntas dalam belajarnya. Setiap aspek yang diamati dalam aktivitas siswa
termasuk dalam kategori waktu efektif dengan aktivitas siswa yang dominan
adalah mengerjakan/mendiskusikan tugas yaitu sebesar 27,65% dan
berdiskusi/bertanya antara guru dan siswa sebesar 23,48%. untuk kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran memperoleh kategori baik untuk setiap aspek yang diamati dengan
rata-rata tiap aspek 2,75 – 3,42. Secara umum, siswa memberikan respon positif
terhadap kegiatan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif
tipe make a match, namun ada dua
komponen yaitu pemahaman materi yang tidak mendapatkan respon negatif,
dengan hanya 51,2% siswa yang menyatakan setuju bahwa dengan pembelajaran tipe
make a match ini materi lebih mudah dipahami dan 55,8% siswa setuju bahwa
pembelajaran ini efektif ..
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
efektif karena tiga dari empat kriteria terpenuhi termasuk ketuntasan belajar.
Model pembelajaran kooperatif tipe make a match juga mampu meningkatkan hasil
belajar siswa yang rendah secara individual dan mampu meningkatkan rata-rata
kelas serta menambah motivasi siswa untuk belajar.
0 komentar :
Posting Komentar