RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMK PENERBANGAN DHARMA
WIRAWAN SIDOARJO
Kelas : XIb
(Sebelas)
Semester : 1 (Satu)
Mata
Pelajaran : Matematika
Pokok
Bahasan : Trigonometri
Sub Pokok Bahasan : Rumus trigonometri untuk kosinus jumlah dan
selisih dua sudut
Alokasi
waktu : 8 x 45
A. Standar Kompetensi
7. menerapkan perbandingan fungsi, persamaan, dan
indentitas trigonometri dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
7.5 menerapkan rumus trigonomerti jumlah dan selisi dua
sudut
C. Indikator
1. memahami rumus
kosinus jumlah dan selisih dua sudut
2. Menggunakan
rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah
3.
menerapkan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut
dalam pemecahan masalah
4.
mengunakan rumus trigonometri penjumlahan dua sudut
5.
mengunakan rumus sudut rangkap dengan tepat
6.
menggunakan rumus setengah sudut dengan tepat
7.
mengunakan rumus trigonomerti perkalian
8.
mengunakan rumus trigonometri penjumlahan
mengunakan rumus trigonomerti penjumlahan
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah memberikan pemahaman tentang rumus kosinus jumlah
dan selisih dua sudut, siswa dapat memahami rumus kosinus jumlah dan selisih
dua sudut dengan tepat
2.
Setelah memberikan cara penggunaan rumus jumlah dan
selisih dua sudut dalam pemecahan masalah ,Siswa mampu menggunakan rumus jumlah
dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah dengan cermat.
3.
Setelah memberikan penerapan rumus jumlah dan selisih dua
sudut dalam pemecahan masalah ,Siswa dapat menerapkan rumus jumlah dan selisih
dua sudut dalam pemecahan masalah dengan cermat.
4.
Setelah memberikan cara penggunaan rumus sudut rangkap, Siswa mampu mengunakan rumus
sudut rangkap dengan tepat
5.
Setelah memberikan cara penggunaan rumus setengah sudut ,Siswa
mampu menggunakan rumus setengah sudut dengan tepat
6.
Setelah memberikan cara penggunaan rumus rangkap ,Siswa
mampu menggunakan rumus rangkap dengan tepat
7.
Setelah memberikan penerapan rumus trigonometri perkalian, siswa
dapat mengunakan rumus trigonometri perkalian dengan tepat
8.
Setelah memberikan cara pengunan rumus trigonomerti penjumlahan
selisih, siswa dapat mengunakan
rumus trigonomerti penjumlahan dan selisih
dengan tepat
E. Materi Prasyarat
Materi prasyarat
yang harus dikuasai siswa adalah rumus sinus, kosinus, dan tangen sudut
istimewa.
F. Materi Ajar
Rumus cos (α +
β) dan cos (α - β) berlaku untuk tiap sudut α dan β dalam ukuran radian maupun
ukuran derajat dan dituliskan sebagai:
i.
cos
(α + β) = cos α cos β – sin α sin β
ii.
cos
(α - β) = cos α cos β + sin α sin β
Rumus sin (α +
β) dan sin (α - β) berlaku untuk tiap sudut α dan β dalam ukuran radian maupun
ukuran derajat dan dituliskan sebagai:
i.
sin
(α + β) = sin α cos β + cos α sin β
ii.
sin
(α - β) = sin α cos β - cos α sin β
contoh soal
a. Sin 75o = ….
Bahasan:
sin(a
+ b)
= sina.cosb
+ cosa.sinb
sin750 = sin(450 + 300)
=
sin450cos300 + cos450sin300
=
½√2.½√3 + ½√2.½
= ¼√6 +
¼√2
=
¼√2(√2 + 1)
G. Kegiatan
Pembelajaran
1. Model pembelajaran :
pembelajaran langsung
2. Pendekatan : deduktif
3. Strategi
: teacher oriented
4. Metode
: pemberian tugas
5. Teknik
: pengerjaan tugas
6.
Sumber belajar : Buku
Matematika SMA kelas XI Erlangga,
7.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Alokasi
waktu
|
Keterangan
|
Fase
1
Menyampaikan
tujuan dan mempersiapkan siswa
|
5
menit
|
Pendahuluan/
kegiatan awal
|
|
1. Memberikan motivasi
kepada siswa dengan menanyakan: “Berapakah cos 45° itu? Berapakah
cos 15° itu? Apakah bisa dihitung tanpa menggunakan kalkulator?”
2. Mengingatkan siswa kembali tentang
materi prasyarat tentang nilai sinus, cosinus, dan tangen sudut istimewa.
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian
hasil belajar.
4. Mempersiapkan siswa untuk menyiapkan
alat dan sumber belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran
|
1.
Memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru dengan
seksama dan memberi tanggapan atas pertanyaan guru.
2. Menyiapkan alat-alat dan sumber yang telah di tentukan oleh guru.
|
Guru
membuka pembelajaran.
|
|
Fase 2
Mendemonstrasikan
pengetahuan dan keterampilan
|
20
menit
|
Kegiatan
inti
|
|
1.
Menjelaskan rumus cosinus
jumlah dan selisih dua sudut.
2.
Menjelaskan cara menyelesaikan
soal cosinus jumlah dan selisih dua sudut dan contohnya.
3. Menjelaskan cara menyelesaikan soal
cosinus jumlah dan selisih dua sudut dalam berbagai bentuk soal.
4. Menjelaskan cara menyelesaikan soal
sudut rangkap dan contohnya.
5.
Menjelaskan cara menyelesaikan
soal setengah sudut dan contohnya
|
1. Memperhatikan guru menjelaskan.
2. Mencatat dan ikut mengerjakan soal
yang telah diberikan oleh guru.
3.
Bertanya dan memberi tanggapan atas pertanyaan guru.
|
||
Fase
3
Membimbing pelatihan
|
30
menit
|
Kegiatan
inti
|
|
1. Memberikan LKS pada siswa untuk dikerjakan
secara individu.
2. Membimbing siswa mengerjakan soal.
|
1. Mengerjakan soal yang diberikan guru
|
Guru
membagikan LKS
|
|
Fase
4
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
|
20
menit
|
Kegiatan
inti
|
|
1.
Meminta
beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya dan meminta siswa lain
untuk menanggapinya sehingga terjadi diskusi kelas.
2.
Mengarahkan
siswa untuk menghadapi permasalahan seoptimal mungkin dengan memberikan
soal-soal dalam berbagai bentuk persoalan matematis (soal buatan guru, buku
panduan,dll).
|
1. Mempresentasikan pekerjaan yang telah
di berikan oleh guru
2. Bertanya dan memberikan tanggapan.
|
||
Fase
5
Memberikan
kesepakatan untuk pelatihan dan penerapan
|
15
menit
|
Kegiatan
akhir
|
|
1.
Memberikan kesimpulan dari materi yang telah di
pelajari.
2.
Memberikan
tugas untuk dikerjakan dirumah
3.
Memberikan gambaran tentang materi yang akan di
pelajari pada pertemuan berikutnya.
4.
Memberikan motivasi dan menutup pelajaran
|
1. Menanyakan hal-hal yang kurang
dipahami mengenai materi yang telah dipelajari
|
Guru menutup pembelajaran.
|
B. Penilaian
Teknik : tes tulis
Bentuk : uraian singkat
C. Contoh instrumen
1. Hitunglah tanpa menggunakan kalkulator
atau tabel, nilai dari:
a. Cos 75°
b. Cos 15°
2. Tanpa memakai tabel matematika atau
kalkulator, hitunglah nilai setiap bentuk berikut ini!
a. cos 80° · cos 10° - sin 80° · sin 10°
b.
cos x + cos (x + 120)° + cos (x + 240)°
Surabaya, 26 spt 2011
Mengetahui
Guru pamong,
Mahasiswa,
(Dra.Budi Handayani, MM) Zainal Arifin
Nip : Nip
: 085500064
0 komentar :
Posting Komentar